Hal Utama yang Dapat Merusak Hubungan Suami Istri


Anda harus berusaha dengan baik menjaga hubungan dengan suami atau istri agar tidak mengalami masalah dan selalu harmonis. Dalam rumah tangga akan selalu ada ujian, maka harus menyiapkan diri dengan sangat baik. Berikut hal utama yang dapat merusak hubungan suami istri

Hal Utama yang Dapat Merusak Hubungan Suami Istri

1.      Saling Menyalahkan
Saat Anda dan pasangan dihadapkan pada sebuah masalah justru saling menyalahkan. Tidak ada yang mau mengalah. Justru berdebat sampai tak bertegur sapa. Padahal yang harus dilakukan adalah mencari solusi untuk masalah yang sedang dihadapi. 

2.      Merasa Tidak Adil
Setelah menikah kehidupan Anda tidak lagi milik sendiri. Semuanya dihadapi berdua dengan pasangan. Sudah ada tanggung jawab dan kewajiban masing-masing yang harus dipenuhi. Anda harus menghindari perasaan merasa tidak adil untuk apa yang diterima. 

Rasa tidak adil ini akan membuat Anda merasa didiskriminasi dan akhirnya berujung dengan pertengkaran. Maka penting sekali keterbukaan dan saling membantu satu sama lain agar tidak ada yang merasa diperlakukan dengan tidak adil.

3.      Belanja Diam-Diam
Dalam berumah tangga penting sekali untuk saling terbuka. Mengatakan dengan jujur apa yang sedang dialami dan terjadi. Jangan sampai kebiasaan Anda belanja diam-diam membuat hubungan menjadi tidak baik. Apa lagi jika pasangan merupakan orang yang hemat, maka ini akan membuatnya merasa tidak dihargai. 

4.      Marahan Berhari-hari
Adakalanya Anda merasa kesal dan marah dengan sikap pasangan, namun jangan didiamkan karena bisa merusak hubungan ke depannya. Jika ada masalah harus segera diselesaikan, jangan marah berhari-hari. Saat marah jangan diam karena bisa membuat kondisi semakin buruk jika tidak dicarikan solusinya.

5.      Kebohongan
Percaya atau tidak penyebab rusaknya sebuah hubungan dengan pasangan karena kebohongan. Tidak peduli itu kebohongan besar ataupun kecil tetap saja akan membuat pasangan Anda merasa tersakiti. Saat sudah mengetahui dibohongi pasangan mungkin akan memaafkan Anda namun suatu hari akan ada masalah tersebut diungkit kembali. 

Maka jangan sampai Anda membuat kebohongan kepada pasangan sekalipun hanya hal kecil. Pasangan butuh dijaga kepercayaannya sebagai bentuk Anda menghargai keberadaannya dan tidak ingin membuatnya kecewa. 

6.      Keterpaksaan
Beberapa kondisi terlalu memaksakan kehendak tidaklah baik untuk hubungan Anda. Hal ini akan membuat pasangan menjalani apa yang Anda inginkan secara terpaksa. Dampaknya suatu hari pasangan akan menuntut atau memaksa Anda kembali menyukai atau melakukan apa yang tidak ada suka. 

7.      Komunikasi Satu Arah
Anda harus mencegah komunikasi satu arah yang dapat merusak hubungan. Apa-apa mesti dibicarakan berdua dengan kesepakatan bersama. Jangan memerintah atau menyuruh pasangan melakukan apa yang diinginkan. Berikan pasangan waktu untuk mengutarakan pendapatnya. 

Anda harus bisa mencegah hal utama yang dapat merusakan hubungan suami istri di atas. Sebisa mungkin bangunlah komunikasi yang baik dengan pasangan untuk semua kejadian yang ada di dalam rumah tangga.

Postingan Populer