Inilah Kemampuan yang Dibantu dengan Terapi Pemulihan Pasca Stroke

Stroke merupakan penyakit kritis yang bisa terjadi pada siapa saja, terutama untuk orang yang mempunyai resiko lebih besar terkena penyakit ini. Sehingga Anda perlu melakukan langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena stroke. Akan tetapi apabila mengalami stroke, Anda bisa tetap melakukan langkah pemulihan pasca stroke yang akan membantu kemampuan agar dapat lebih cepat pulih walaupun tidak seperti semula. Akan tetapi setidaknya akan dapat menunjang untuk hidup sehari-hari dan membuat lebih nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan pasca stroke. Adapun unt tujuan proses terapi ataupun rehabilitasi yang dilakukan pada pemulihan setelah stroke adalah untuk mengembalikan kemampuan tubuh seperti berikut ini :

 

Inilah Kemampuan yang Dibantu dengan Terapi Pemulihan Pasca Stroke

  1. Berbicara

Manfaat pertama yang akan dibantu dengan proses pemulihan atau rehabilitasi pasca stroke adalah dapat membantu kemampuan berbicara pada pasien. Setelah mengalami stroke, biasanya hal tersebut juga akan membuat kemampuan berbahasa atau berbicara menurun. Kondisi tersebut juga dikenal dengan afasia yang merupakan menurunnya kemampuan untuk berbicara secara lancar. Kondisi afasia tersebut membuat pasien pasca stroke susah untuk merangkai kalimat dan susah berbicara dengan normal seperti semula. Oleh karena itulah dibutuhkan perawatan yang tepat untuk membuat pasien lebih mudah berkomunikasi untuk kebutuhan sehari-hari seperti semula.

 

  1. Kognitif

Kemampuan selanjutnya dan manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan terapi pasca stroke adalah untuk kemampuan kognitif. Ketika mengalami stroke, maka hal tersebut juga membuat kemampuan berpikir, daya ingat, dan perilaku pasien dapat berubah dan terganggu. Hal ini harus sangat diperhatikan sehingga nantinya kerusakan dan gangguan yang dialami tidak menjadi lebih parah karena hal tersebut akan membuat perubahan pula pada kesehatan dan keselamatan pasien. Oleh karena itulah pasien yang mengalami stroke perlu mendapatkan perawatan pemulihan kognitif baik untuk kesehatan dan melatih kemampuan kognitif pasien lebih baik.

 

  1. Motorik

Kemampuan selanjutnya yang perlu mendapatkan perawatan dan pemulihan setelah mengalami stroke adalah motorik. Stroke akan membuat otot-otot baik di satu sisi ataupun di kedua sisi tubuh mengalami kelemahan atau menjadi lemah, sehingga hal tersebut membuat pergerakan tubuh dari pasien menjadi terganggu. Apabila hal tersebut dibiarkan maka akan membuat pasien mengalami kesusahan untuk berjalan, melakukan aktivitas lainnya, dan juga dapat mengalami kejang otot. Oleh karena itulah agar kondisi pasca stroke tidak bertambah parah maka bisa untuk membantu dengan terapi yang akan memberikan manfaat untuk mempercepat untuk mendapatkan kemampuan motorik yang hilang.

 

  1. Sensorik

Manfaat terakhir mengapa pasien pasca stroke perlu mendapatkan terapi dan rehabilitas pasca stroke adalah untuk manfaat sensorik. Dimana ketika mengalami stroke maka akan membuat kemampuan tubuh dari pasien untuk merasakan suhu seperti panas, dingin, dan juga fungsi sensorik lainnya akan terganggu. Oleh karena itulah untuk membantu hal tersebut maka perlu dilakukan pemulihan dengan terapi yang sesuai dengan hal ini agar pasien dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungannya.

 

Pemulihan pasca stroke tersebut mempunyai proses yang panjang tergantung dari kondisi pasien sendiri. Waktu untuk bisa melakukan terapi pada pasien pasca stroke adalah mulai dari 24 hingga 48 jam setelah stroke, dimana waktu tersebut dirasa pasien sudah cukup stabil sehingga bisa melakukan terapi yang dibutuhkan. Terapi yang dilakukan sendiri tidak hanya bisa dilakukan di rumah sakit tetapi juga bisa di rumah dengan menggunakan jasa layanan rehabilitas pasca stroke yang bisa didapatkan di aplikasi Aido Health.

Postingan Populer